Efek Pause pada Flash Movie

10 11 2007

Flash sebagai media animasi, saat ini banyak dipakai di hampir semua media di internet, sebagai aksesoris agar halaman web tampak cantik. Dengan flash, kita dapat memainkan beberapa gambar agar tampak bergerak, sebagaimana layaknya pada movie.

Suatu ketika mungkin kita ingin agar gambar kita yang sedang bergerak bisa tampak diam untuk beberapa saat (pause). Dengan tujuan sebagai titik tekan, agar pembaca dapat memperhatikan dengan seksama apa yang ingin kita sampaikan. Sebagai seorang pemula, saya ingin menunjukkan bagaimana efek pause dapat dibuat pada flash berikut hasilnya.

But first, i’d like to thank to Mr. Zainal, at www.zainal.wordpress.com.

Pause dapat bekerja dengan memanfaatkan fasilitas action script pada Macromedia Flash. Pada layer yang ingin ditahan sebentar, kita tambahkan perintah sederhana. Pada percobaan yang pertama saya coba dengan perintah sbb.

begin = getTimer();
while (begin+5000>now) {
now = getTimer();
}

getTimer() merupakan perintah untuk mendapatkan nilai waktu saat ini dari mesin (komputer). Sementara 5000 merupakan nilai lama waktu(dalam milidetik) yang kita inginkan untuk menahan layer tsb. Perintah ini dapat bekerja untuk menahan layer sesuai lama waktu yang kita inginkan. TAPI, selama waktu menunggu tersebut, komputer kita akan hang(tidak menerima respon) karena saat itu komputer sedang melakukan iterasi yang bisa dibilang “tidak bisa diganggu”. Setelah iterasi selesai, komputer akan berjalan normal kembali.

Hal itu menunjukkan suatu kualitas yang buruk menurut saya. Lalu bagaimana solusinya? Hindari iterasi dengan menghilangkan perintah while. Pada pecobaan berikutnya saya mencoba dengan perintah berikut.

stop();
var delay = setInterval(continue, 5000);
function continue() {
clearInterval(delay);
gotoAndPlay(_currentframe+1);
}

Setelah menghentikan movie dengan perintah stop(), perintah tersebut akan menset delay waktu dengan menggunakan fungsi setInterval(), dimana 5000 adalah waktu dalam milidetik. Selanjutnya fungsi continue() akan dijalankan ketika interval yang diset sudah terlewati. Fungsi tersebut sekaligus menghapus interval yang sebelumnya diset.

Perintah ini dapat berjalan dengan lebih baik daripada perintah sebelumnya, tanpa adanya hang pada komputer saat movie dimainkan. Saya sudah mencobanya. Hasil dapat dilihat disini. Sayang blog ini tidak dapat menampilkan file flash movie.

Selamat mencoba!!


Actions

Information

One response

12 09 2008
Mohammed Zainal

🙂
good job i guess .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: